JANGAN SAMPAI DILEWATKAN!! BUAT PARA ORANG TUA, SAAT ANDA MENGGENDONG BAYI/ BUAH HATI ANDA JANGAN DIGUNCANG ATAU MELEMPAR-LEMPARKANNYA KE UDARA, LIHAT INI AKIBATNYA! TOLONG SEBARKAN.....

JANGAN SAMPAI DILEWATKAN!! BUAT PARA ORANG TUA, SAAT ANDA MENGGENDONG BAYI/ BUAH HATI ANDA JANGAN DIGUNCANG ATAU MELEMPAR-LEMPARKANNYA KE UDARA, LIHAT INI AKIBATNYA! TOLONG SEBARKAN.....



Ada orang-tua yang mengasuh anak bayinya lewat cara melempar-lemparkan ke udara lalu menangkapnya untuk mendengar sang bayi tertawa. Atau mengguncang-guncangkan tubuh serta bahunya keras sembari berekspresi gemas. Apabila anda kerjakan demikian, jadi berhentilah selekasnya. Bila saksikan orang lain berbuat sekian pada bayi mereka, cegahlah, lantaran begitu beresiko untuk tubuh bayi.

Tahukah Anda? Bėbėrapa tahun waktu itu nih sahabat, pakar kėdoktėran mėngidėntifikasi satu typė pėnyakit yang sėrius pada bayi, namanya “Sindrom Kėm4tian Mėndadak” Satu di antara pėmicunya ini yaitu guncangan pada tubuh bayi. Bėgitu mėngėjutkan kan..

Di Jėrman, rata-rata sėkitaran 100 bayi sėtiap th. alami rusaknya kritis di otak lantaran mėrėka diguncang-guncang pėngasuhnya. Laporan tėntang angka itu bėrdasarkan pada sėnsus dari unit pėnyakit langka anak-anak di Jėrman. Asosiasi Doktėr Anak di Jėrman mėmpėrkirakan angka bayi yang alami trauma karėna diguncang-guncang, sėbėnarnya lėbih tinggi lagi.

“Guncangan kėras sėlama lima dėtik saja tėlah cukup untuk mėngakibatkan rusaknya bėbėrapa fungsi otak, ” kata profėsor Hans-Juėrgėn Nėntwich, anggota dėwan dirėktur asosiasi itu. ”

Mėngapa guncangan pada bayi dapat bėrmuara pada kėm4tian?

Mėnurut ahli kėdoktėran tadi, ini lantaran bayi yang masihlah bėgitu muda bėlum dapat mėnahan kėpalanya sėndiri lantaran otot lėhėrnya yang lėmah. Mėngakibatkan, apabila bayi tėrguncang tubuhnya, kėpalanya bakal bėrgoyang kė dėpan sėrta bėlakang.

Goyangan ini yang mėnyėbabkan rusaknya otak dan pėndar4han didalam otak sėrta pada pėrmukaan otak, sampai bisa mėngakibatkan pėrsoalan sėrius pada otak sang bayi, sėrta bisa mėnyėbabkan pėrsoalan yang jalan pėrmanėn, sėpėrti :

1. Rusaknya otak
2. Cėrėbral palsy
3. Kėbuta4n
4. Ėpilė*si
5. Kėsusahan bicara
6. Kėsusahan bėlajar
7. Kėsusahan koordinasi
8. Sėr4ngan jantung
9. Kėtėrbėlakangan mėntal

Itu di sini bėbėrapa hal yang pėrlu dijauhi bėrsama panduan mėncėgah :

- Jangan sampai pėrnah mėngguncang tubuh bayi dibawah usia 3 th., dėngan alasan apa pun juga.

- Waktu Anda mėnggėndong bayi anda, jangan pėrnah lupa untuk sėlalu mėnyangga kėpala bayi anda dėngan tangan.

- Katakan utamanya mėlindungi kėpala bayi Anda pada pėngasuh bayi anda.

- Yakinkan umumnya orang yang dėkat sėrta sėring mėnggėndong bayi anda kėtahui bėnar bahay4nya sėsėorang bayi apabila diguncang-guncang atau digoyang.

Pada bėbėrapa orang anak bahkan juga bisa mėngakibatkan kėm4ti4n. Ini di kėnal dėngan shakėn-baby-syndromė. Kėnapa bėrėsiko?

Bayi mėmpunyai kėpala makin bėsar dibanding dėngan anggota tubuh yang lain, sėrta otot lėhėrnya masih tėtap lėmah. Apabila diguncang, kėpalanya bakal tėrsėntak kė dėpan sėrta kė bėlakang. Hėntakan-hėntakan itu bakal mėngguncang otak sėrta mėrusaknya. Pėmbuluh dar4h kėcilnya bakal ikut rusak, mėngakibatkan pėndar4han di otak sėrta sėkitarnya, sėrta di mata bayi.

Kėmungkinan tėrbėsar yaitu pada bayi di bawah satu tahun, namun tak tutup kėsėmpatan bisa jalan di umur yang makin bėsar. Yang butuh diwaspadai yaitu guncangan-guncangan ini bisa jalan jadi waktu kita asyik bėrmain dėngan sang bayi.

Karėna itu ada banyak pėrmainan sėrta kėsibukan yang pėrlu dijauhi untuk mėnghindarnya, salah satunya :

1. Mėlėmpar bayi kė udara.
2. Lari-lari sambil mėmbawa bayi di punggung atau di kėpala.
3. Kuda-kudaan (bayi naik kė punggung, naik kė kaki sėrta digoyang-goyang).
4. Mėmutar bayi.

Jangan pėrnah lupa mėngingatkan bėbėrapa orang di sėkitaran anda ya, sharing info ini supaya tėrbaca olėh saudara, pėngasuh, kakėk-nėnėknya, juga tėtangga untuk tidak mėngguncang bayi.




Sumber : http://www.portalberita89.com

0 Response to "JANGAN SAMPAI DILEWATKAN!! BUAT PARA ORANG TUA, SAAT ANDA MENGGENDONG BAYI/ BUAH HATI ANDA JANGAN DIGUNCANG ATAU MELEMPAR-LEMPARKANNYA KE UDARA, LIHAT INI AKIBATNYA! TOLONG SEBARKAN....."

Posting Komentar