PENTING! Wanita TIDAK BOLEH "Keramas" Saat Menstruasi!? Mitos Atau Fakta? Dokter Pun Mengungkapkan "Kebenaran yang Mengejutkan" Ini!

PENTING! Wanita TIDAK BOLEH "Keramas" Saat Menstruasi!? Mitos Atau Fakta? Dokter Pun Mengungkapkan "Kebenaran yang Mengejutkan" Ini!

Siapa bilang mens gak boleh keramas!? Akhirnya terungkap juga..

Dulu sering beredar larangan bahwa wanita tidak boleh keramas saat menstruasi karena akan memperparah kram menstruasi dan akan berdampak buruk di usia tua nanti. Namun zaman sekarang, larangan ini tak begitu lagi dipercaya oleh sebagian wanita. Jadi keramas saat menstruasi itu sebenarnya "boleh atau tidak" sih? Mari kita simak ulasan berikut ini!

Yang sebenarnya terjadi pada tubuh saat menstruasi 14 hari setelah terjadi ovulasi, tingkat hormon progesteron dan estrogen akan menurun apabila tidak terjadi kehamilan, menyebabkan rahim meluruhkan lapisan dindingnya dan mengeluarkannya bersama darah. Luruhnya lapisan dinding rahim bersama darah ini yang disebut sebagai menstruasi.


Kondisi tubuh saat menstruasi
Imunitas akan menurun, lebih gampang terserang flu, muncul jerawat di punggung, di wajah dan sebagainya.

Fungsi pembekuan darah juga akan menurun, menyebabkan luka tidak mudah sembuh. Hormon prostaglandin akan meningkatkan kontraksi rahim dan meningkatkan aliran darah, tapi di saat bersamaan, hormon ini juga akan merangsang kontraksi usus sehingga lebih rentan terhadap diare.

Fluktuasi hormon juga bisa membuat suasana hati wanita menjadi mudah marah, mood-moodan, pesimis, negatif, sensitif, mudah tersinggung, juga mudah menangis.

Hal yang harus diperhatikan jika keramas saat haid

Sebelumnya, jika kamu orang yang takut dingin, tubuh lebih lemah, sering tidak fit, sebisa mungkin jangan keramas saat haid, karena seperti yang dikatakan sebelumnya, imunitas tubuh akan menurun saat haid, tubuh sedang lemah, jika terkena air dingin maka akan mudah flu ditambah perut mungkin akan terasa sakit.

Tidak peduli seberapa sehat kamu, asal kalau keramas saat haid (atau biasanya), usahakan jangan keramas dengan air dingin. Gunakan air hangat suam-suam kuku atau sedikit lebih panas dari suhu tubuh (38 °-40° C).


Setelah keramas, jangan langsung tidur dengan rambut basah karena tidak hanya akan menyebabkan migrain tapi juga akan rawan ketombe. Bungkus rambut dengan handuk kering, keringkan rambut sampai setengah kering, lalu gunakan pengering rambut sampai kering, setidaknya bisa mengurangi ketidaknyamanan haid (penting!)

Kenapa ungkapan "gak boleh keramas saat haid" masih ada sampai sekarang?

Zaman dulu belum ada pengering dan segala macam, wanitanya juga cenderung berambut panjang, sehingga setelah keramas, banyak wanita yang mengalami sakit kepala, kedinginan dan sebagainya

Namun di zaman modern ini, sudah ada air panas, pengering dan sebagainya, sehingga sudah lebih kondusif dan mengurangi resiko kedinginan atau sakit kepala setelah keramas.

Kalau mimin sendiri sih 3 hari pertama menstruasi tidak keramas dan mandi juga pakai air hangat. Percaya gak percaya, mimin jadi gak sering kram (paling hari pertama doang) dan mens juga jadi lebih lancar. Mimin juga suka minum yang hangat-hangat, karena sebenarnya tubuh kita sangat suka dengan yang hangat-hangat. Semoga bermanfaat bagi para ladies!

Sumber: nocancer

0 Response to "PENTING! Wanita TIDAK BOLEH "Keramas" Saat Menstruasi!? Mitos Atau Fakta? Dokter Pun Mengungkapkan "Kebenaran yang Mengejutkan" Ini!"

Posting Komentar