Sudah Mulai Langka, Buah Ini Ternyata Dahsyat Obati Diabetes, Kanker Hingga Mencegah Kebutaan


Sudah Mulai Langka, Buah Ini Ternyata Dahsyat Obati Diabetes, Kanker Hingga Mencegah Kebutaan


Nama buah Juwet di telinga anak-anak zaman sekarang mungkin terdengar asing. Bagaimana tidak? Keberadaannya saat ini memang sulit ditemui. Jangankan di pasar tradisional, di mall-mall super lengkap saja nggak bakal bisa didapat.

Namun, berbeda bagi anak-anak angkatan 90-an, mungkin dulu kamu sering menikmati buah dengan rasa unik ini. Saat ingin bernostalgia dengan menikmati buah juwet, di mana pula bisa membelinya? Keberadaannya saat ini bak misteri. Rindu buah juwet? Mungkin lima hal ini akan mengorek kenangan kamu bersama buah legendaris tersebut di masa kecil.

Tahun 80-90an, mungkin buah ini begitu mudah dicari. Dulu banyak sekali penjual yang menjajakan juwet di dalam kantong plastik. Para ibu mungkin menjadikan buah ini untuk oleh-oleh anak sepulang dari pasar. Harganya murah, dan mungkin itu yang membuat buah juwet kurang dihargai. Pohonnya banyak ditebang. Hingga anak-anak generasi saat ini nggak kenal lagi buah legendaris tersebut. Seperti kita ketahui, lahan di Indonesia makin lama didominasi oleh bangunan.

Dengan berkurangnya kebun maupun pekarangan yang ada maka tak heran beberapa pohon atau tanaman yang biasanya ada di kebun tersebut berkurang jumlahnya. Dan bahkan kini mulai langka untuk ditemukan.

Mungkin hal itu yang bikin pohon-pohon juwet jadi sangat jarang dijumpai. Kalau kamu coba tanya pada anak-anak zaman sekarang perihal buah juwet, mungkin sebagian besar menjawab, “nggak tahu”.

Sedikit miris jika anak-anak zaman sekarang tidak bisa merasakan sensasi rasa buah juwet yang nggak bisa dijabarkan dengan kata-kata. Terlebih, buah juwet bukanlah buah sembarangan, buah ini ternyata menyimpan banyak sekali nutrisi yang penting bagi tubuh.

Selain memiliki rasa yang unik, sejatinya juwet menyimpan banyak sekali manfaat. Mungkin selama ini juwet kerap dipandang sebelah mata, namun siapa sangka jika buah yang juga dikenal dengan jamblang ini memiliki berbagai manfaat seperti dibawah ini:

Membantu menyembuhkan diabetes

Perlu dicatat bahwa buah langka ini mempunyai kandungan alkoloid, jambosin, maupun glikosida yang ampuh untuk membantu proses pemecahan gula menjadi energi. Sehingga hal ini membuat kadar gula dalam darah tetap stabil dan normal.

Selain itu menurut sebuah studi, menemukan bahwa biji dari buah langka dapat mengurangi kadar gula dalam darah sebanyak 30%, sehingga bagus untuk dikonsumsi bagi anda yang memiliki riwayat diabetes.

Membantu menjaga kesehatan Jantung

Selain baik untuk menyembuhkan diabetes, ternyata buah duwet ini juga baik untuk menjaga kesehatan jantung. Pasalnya di dalam buah ini terdapat kandungan kalium yang cukup tinggi. Menurut penelitian yang ada kalium dalam buah jamblang ini sangat ampuh di dalam membantu mencegah terjadinya hipertendi maupun serangan jantung maupun stroke.

Membantu menyehatkan kulit

Di dalam buah jamblang ini kaya akan kandungan vitamin C yang ternyata ampuh untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu vitamin C ini juga bagus di dalam merawat kecantikan kulit anda. Apabila anda menginginkan kulit yang cantik dan sehat cobalah rutin mengkonsumsi buah yang mulai langka ini.

Mencegah penyakit kanker

Manfaat lain yang dapat kita petik dari mengkonsumsi buah duwet ini yaitu mengurangi efek dari radikal bebas. Dengan berkurangnya pengaruh radikal bebas ini maka dapat membantu tubuh kita dari penyakit kanker yang mematikan. Pasalnya di dalam buah Jamblang ini terdapat nutrisi yang disebut polifenol dan antosianin yang berguna untuk mengikat sel radikal bebas, penyebab penyakit kanker.

Mencegah kebutaan

Di dalam buah ini juga kaya akan kandungan vitamin A yang berguna untuk menjaga kesehatan mata, seperti mencegah katarak hingga kebutaan. Menurut sebuah studi yang ada menyebutkan dengan mengkonsumsi buah langka ini dapat mengurangi resiko terjadinya katarak yang disebabkan oleh penyakit diabetes.

sumber: jadzab 

0 Response to "Sudah Mulai Langka, Buah Ini Ternyata Dahsyat Obati Diabetes, Kanker Hingga Mencegah Kebutaan"

Posting Komentar