INILAH 7 Nutrisi Super untuk Tingkatkan “Kesuburan”, Pasutri yang Sedang Program H4mil Harus Tau Ini!

INILAH 7 Nutrisi Super untuk Tingkatkan “Kesuburan”, Pasutri yang Sedang Program H4mil Harus Tau Ini!

Bunda tentu saja sudah mengetahui bahwasanya agar dapat h4mil dengan mudah terdapat sejumlah nutrisi yang perlu dipenuhin untuk menunjang program h4mil.

Selain untuk kesehatan organ reproduksi atau kesuburan secara keseluruhan, terpenuhinya kebutuhan nutrisi ini juga berguna untuk calon dedek bayi yang terdapat di kandungan bunda kelak. Nah, nutrisi-nutrisi apa saja?

Beragam mitos yang beredar di masyarakat kita bahwasanya ada vitamin tertentu yang dapat meningkatkan kesuburan. Salah satunya adalah pasutri dianjurkan banyak mengkonsumsi kecambah karena kaya kandungan vitamin E yang baik untuk kesuburan.

Pendapat tersebut tak sepenuhnya salah, namun tak pula sepenuhnya benar. Walaupun vitamin E memang diperlukan untuk kesuburan, vitamin bukanlah satu-satunya yang Bunda perlukan untuk mendukung program h4mil yang sedang bunda jalankan.

Tentu saja tubuk perlu kombinasi vitamin lain dan mineral untuk menjaga fertilitas. Mengkonsumsi berlebihan unsur gizi tertentu namun kurang mengkonsumsi unsur gizi lainnya tentu juga merugikan fertilitas (dan kesehatan) Bunda.

Oleh sebab itu, di dalam kondisi yang bagaiamanapun, pola makan dengan gizi seimbang harus tetap dapat dipertahankan.

Berikut adalah 7 (tujuh) nutrisi yang bila dikonsumsi secara seimbang, dapat menaikkan tingkat kesuburan Bunda…

1. Vitamin E

Vitamin E begitu penting bagi sistem reproduksi pria dan wanita. Bagi wanita, vitamin E menjaga sistem endokrin dan produksi hormon-hormon s3ks serta mampu mencegah rusaknya DNA dari sp3rma

Hasil riset membuktikan bahwa kerusakan yang ekstensif pada DNA sp3rma dapat mengakibatkan infertilitas. Rusaknya DNA tersebut disebabkan oleh radikal bebas. Vitamin E sebagai antioksidan mampu mencegah hal tersebut terjadi.

Asupan vitamin E yang dianjurkan adalah 400 UI per hari. Yang menjadi sumber utama dari vitamin ini adalah kecambah, kedelai, hati, dan sayuran berwarna hijau tua.

2. Vitamin C

Vitamin C juga sangat penting untuk pria dan wanita. Untuk wanita, vitamin C berguna untuk menjaga seimbangnya hormonal, menaikkan tingkat fertilitas, memperkuat sistem imun, dan membantu proses serap zat besi oleh tubuh. Sedangkan untuk pria, vitamin C mencegah penggumpalan sp3rma dan menaikkan tingkat mobilitas sp3rma.

Vitamin C dapat diperoleh dari buah-buahan seperti jambu, sirsak, jeruk, pepaya, mangga, strawberry, dan sayuran seperti cabai dan bayam. Konsumsi vitamin C harian yang dianjurkan adalah 750 – 1000mg

walaupun terlalu banyak mengkonsumsi vitamin C tidak berbahaya, karena vitamin ini larut dalam air sehingga bila berlebihan akan disalurkan dan dibuang melalui air seni. Kelebihan vitamin C dapat menurunkan pH tubuh yang jelas akan mengurangi kualitas sp3rma dan sel telur.

3. Vitamin B

Ada 2 jenis vitamin B yang beguna untuk menaikkan tingkat kesuburan, satu berguna untuk pria, sedangkan yang satunya berguna untuk wanita.

Vitamin B12 mampu menambah dan meningkatkan kualitas sp3rma, sedangkan vitamin B6 mampu meningkatkan kesuburan wanita. Jenis vitamin B lainnya seperti asam folat juga penting untuk penyatuan sp3rma dan sel telur (konsepsi)

Asupan vitamin B6 dan B12 yang dianjurkan adalah 1,3 dan 2,4 mikrogram per harinya. Vitamin B6 dapat diperoleh dari wortel, telur, ayam, ikan, pisang, beras merah, dan brokoli. Sedangkan vitamin B12 diperoleh dari hati, susu, dan ikan.

4. Zat Besi

Zat besi berperan penting sebagai transportasi darah dan oksigen di tubuh manusia. Kaum wanita memerlukannya untuk menjaga keseimbangan proses ovulasi. Hasil studi menunjukkan bahwa 40% anggota kelompok wanita yang mengalami masalah ovulasi menjadi subur setelah menambah konsumsi zat besi.

Asupan zat besi harian yang dianjurkan, untuk pria dan wanita adalah 8mg dan 18mg. Zat besi terbaik didapat dari sumber alami seperti kangkung, bayam, daging, dan hati.

5. Selenium

Selenium adalah salah satu mineral yang bermanfaat sebagai zat antioksidan tubuh. Selenium dapat ditemukan di kacang-kacangan, ikan, dan makanan laut lainnya.

6. Zinc atau Seng

Zinc atau seng merupakan mineral yang juga sangat penting bagi kesuburan. Mineral ini terdapat di lebih dari 200 enzim dan protein serta penting sekali guna membantu menjaga fungsi organ s3ksual dan produksi sp3rma. Kekurangan Zinc mengakibatkan penurunan hormon testosteron, penyusutan t3stis, serta pengurangan produksi sp3rma yang sehat.

Kerang mengandung paling banyak zinc bila dibandingkan dengan makanan lainnya. Tapi, waspadalah bagi Anda yang tinggal di ibukota Jakarta dan sekitarnya, karena kerang dari teluk Jakarta dicurigai banyak tercemari logam berat seperti timbal dan cadmium.

Zinc juga dapat diperoleh pada hati, daging sapi, kepiting, daging kambing, telur, dan ayam. Jumlah asupan yang disarankan adalah 15 mikrogram per hari.

7. Kalsium

Untuk mempersiapkan keh4milan, Anda memerlukan cadangan kalsium yang banyak. Kalsium dapat meningkatkan pH tubuh Anda. Hal tersebut menguntungkan sp3rma dan telur yang sudah dibuahi, dan juga bermanfaat untuk lainnya.

Kalsium dapat diperoleh dari susu segar, sayuran hijau, dan daging. Di dalam satu gelas susu segar terdapat sekitar 800 mg kalsium.

Kalsium pada makanan lebih mudah untuk diserap tubuh. Namun, suplemen kalsium memberikan alternatif yang lebih praktis. Wanita yang ingin menambah kesuburannya harus mengkonsumsi 1000 mg kalsium per hari.

0 Response to "INILAH 7 Nutrisi Super untuk Tingkatkan “Kesuburan”, Pasutri yang Sedang Program H4mil Harus Tau Ini!"

Posting Komentar