Jalan Kaki “Baik Untuk Ibu Hamil”? AWAS! 90% Ibu Hamil Sudah Salah Melakukannya! Ini “5 Hal Penting” yang Harus Diperhatikan!

Jalan Kaki “Baik Untuk Ibu Hamil”? AWAS! 90% Ibu Hamil Sudah Salah Melakukannya! Ini “5 Hal Penting” yang Harus Diperhatikan!

Beredar di kalangan masyarakat bahwa ibu hamil harus banyak-banyak berjalan kaki karena hal tersebut sangat baik bagi perkembangan janin khususnya otak. Lantas banyak ibu mungkin berpikir, “Kalau gitu semakin banyak jalan semakin pintar dong bayinya?” Penyataan seperti ini tidak tepat ya! Jalan kaki yang sesuai kadarnya memang baik bagi ibu dan janin, tapi terlalu banyak jalan kaki malah tidak baik, bukannya semakin pintar lho!

Berikut ini 5 hal penting yang harus diperhatikan saat ibu hamil melakukan rutinitas jalan kaki. Jangan sampai mau sehat malah jadi sebaliknya ya!

1. Jangan pakai high heels

Saat hamil sebaiknya jangan menggunakan sepatu hak tinggi, hak tebal, apalagi untuk berjalan kaki. Pilihlah sepatu yang bahannya lembut, hak datar dan nyaman dipakai. Jangan lupa juga untuk memakai kaus kaki supaya kaki tidak tergesek dan terluka.

2. Jangan ke tempat yang terlalu ramai

Sebagian ibu mungkin akan memilih untuk berjalan-jalan di mal atau pusat perbelanjaan yang ramai, sekaligus cuci mata. Tapi sebenarnya tempat seperti ini sangat kurang sirkulasi udara, lebih banyak karbondioksida daripada oksigen dan juga lebih banyak kuman. Jika terlalu lama berada di keramaian, nafas akan terasa sesak dan janin akan kekurangan oksigen. Demi kesehatan janin, pilihlah tempat yang lengan, tenang dan tidak begitu banyak orang, lebih baik lagi jika ditemani oleh pasangan atau keluarga.

3. Harus makan sebelum jalan

Jangan jalan dengan perut kosong karena dapat menyebabkan pusing dan tekanan darah rendah. Takutnya ibu hamil akan jatuh ke lantai, konsekuensinya tidak bisa dibayangkan. Sebaiknya sebelum jalan, makan dulu 1 jam baru keluar rumah. Ingat untuk selalu membawa sebotol air minum setiap saat.

4. Perhatikan jalan dan postur berjalan

Ibu hamil tidak boleh sampai jatuh. Perhatikan selalu jalan di depan dan kondisi di sekeliling Anda. Jangan sampai ada benda berbahaya yang mendekat atau menghalangi jalan Anda. Perhatikan juga langkah kaki, jangan terlalu lebar dan jangan sampai salah langkah.

5. Jangan berjalan terlalu lama atau terlalu capek

Badan setiap orang berbeda-beda. Ada ibu yang kuat jalan dan ada yang tidak. Sesuaikan dengan kemampuan masing-masing. Kalau capek jalan, istirahat sebentar, minum air, tarik nafas, hirup udara segar, tunggu sampai tidak capek lagi baru lanjut.

Semoga kehamilan ibu lancar-lancar ya sampai hari-H! Yuk SHARE artikel penting ini ke bumil-bumil yang lain!

Sumber: healthdaily

0 Response to "Jalan Kaki “Baik Untuk Ibu Hamil”? AWAS! 90% Ibu Hamil Sudah Salah Melakukannya! Ini “5 Hal Penting” yang Harus Diperhatikan!"

Posting Komentar